Model Bisnis, Pemkab Sumbawa Tingkatkan Kemampuan menjadi Petani Millenial

JejakNTB.com | Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., sukses membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Pengembangan Model Bisnis Usaha Tani di Hotel Grand Samawa, Jumat (29/9).

Ikhtiar tersebut dilakukan sebagai upaya menguatkan kapasitas petani dalam rangka meningkatkan taraf dan derajat hidup kaum tani serta menjadikan aktifitas pertanian sebagai salah satu pencaharian utama dan pokok sebagai warga agraris.

Dalam arahan resminya Wakil Bupati mengajak semua pihak untuk fokus dan all out atensi utama pada kegiatan ini guna mewujudkan Sumbawa yang gemilang dan berkeadaban.

“Saya ingin petani kita menjadi petani yang gemilang. Dengan pendidikan dan pelatihan seperti ini, maka wawasan dan keterampilan petani kita akan bertambah. Tentu saja muaranya akan berimbas pada peningkatan pendapatan mereka. Inshaa Allah,” ucapnya dihadapan para peserta pelatihan

Dia menambahkan penguatan kapasitas petani sudah saatnya dilakukan dalam era digital dan millenial seperti  sekarang ini,

“Pertanian kita di masa yang akan datang menjadi milik petani milenial, sehingga pelatihan bagi petani milenial menjadi penting. Kita perlu memberikan mereka bekal, mulai dari smart farming, penggunaan KUR dan pengetahuan agribisnis,” ungkap dia.

Selain itu Dewi Noviany menambahkan pula menambahkan upaya mencetak, memproses dan menjadikan pemuda pedesaan menjadi petani milenial, memerlukan dukungan dan sinergitas berbagai elemen, utamanya mengoptimalkan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

“Di balik pelatihan dan pembinaan yang diadakan, kita mencoba mendorong perencanaan yang terukur untuk mengembangkan pertanian di hulu hingga ke hilir,” pungkasnya.(Fsl/Red)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top
Scroll to Top